Pagi itu pada sekitar pukul 06.55 WIB siswa- siswi SAMISTUKA mulai berangkat ke sekolah. Tampak mereka menggunakan seragam putih abu- abu. Selain itu juga tampak beberapa guru PPL FKIP UNS yang sudah pada berjaga- jaga di gerbang sekolah untuk ikut menertibkan siswa mengenai pakaian dan menjaga apabila ada siswa yang terlambat masuk sekolah. Pada pagi ini merupakan hari yang spesial karena siswa dan siswi kedatangan tamu dari bapak/ ibu PPL yang sebelumnya belum pernah ada. Selain itu, Apel pada pagi itu juga akan diisi oleh bapak ibu guru PPL yang sudah standby di sekolahan tersenut untuk mengenalkan diri dan memberikan motivasi kepada segenap anak didik di SMA ISLAM 1 Surakarta.

Menjadi sebuah kultur ketka pagi hari beberapa guru ada yang standby di gerbang dan kemudian sambil bersalam- salaman untuk mengecek kesiapan sisiwa dalam menerima pelajaran hari itu. Walaupun jam masuk di sekolahan ini puku 07.00 akan tetapi memeberikan toleransi 15 menit untuk kedatangan siswa. Hal ini diberlakukan karena mengingat kondisi siswa yang kebanyakan berangkat dengan menggunakan bus dan sebagai bentuk antisipasi keterlambatan siswa. Kegiatan ini berfungsi untuk menjaga kedisiplinan siswa dan kesiapak dalam belajar si sekolah. Mulai dari kerapian pakaian hingga kedisiplinan siswa menjadi sorotan setiap guru yang bertugas di gerbang sekolah.

Pada pagi ini ada kegiatan Apel yang diikuti oleh segenap sisiwa dan siswi dari kelas X sampai kelas XII. Acara yang biasa dilakukan adalah motivasi kepada siswa untuk belajar denga rajin dan sadar akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan mendatang. Dimulai dari sambutan perwakilan PPL 2011 dan sekaligus ketua koordinator PPL SMAISTUKA bapak Zaenul Muttaqin (P. Geografi) mengenalkan satu persatu peserta PPL yang akan praktek untuk mengajar di sekolah ini.

Pelaksanaan Apel Senin Pagi itu berjalan selama 40 menit dan siswa siswi sangat antusias untuk mengikuti Apel ini, karena dihadapkan oleh guru baru yaitu guru PPL UNS. Selain apel tersebut berisi perkenalan dari guru PPL ke siswa juga berisi motivasi kepada siswa untuk giat belajar dalam menggapai sebuah cita- cita. Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh bapak zaenul yaitu mengenai pentingnya besar pikiran dan hati. Hal ini merupakan pondasi utama untuk menggapai cita-cita, walaupun belajar dengan segala keterbatasan akan tetapi karena semangat dan besar hati dalam mencapainya, maka sukses akan diperoleh oleh para siswa. Selain itu yang disampaikan yaitu mengenai perlunya bermimpi setinggi langit, dengan bermimpi maka seseorang akan dapat bersungguh- sungguh untuk mencapai tujuan dari mereka sekolah dan skill mereka dapat tergali.

Siswa dan siswi SMAISTUKA memperhatikan amanat yang disampaikan oleh Pak guru, dan selain itu juga Bapak/Ibu guru PPL senantiasa memperhatikan sambil seskali memperhatikan siswa apabila ada yang rame dan ngomong sendiri. Setelah kegiatan Apel Senin pagi ini, diisi oleh pengumuman dari dewan guru mengenai administrasi dan snksi yang diberikan kepada siswa yang bermasalah. Biasanya dilakukan oleh guru BP dan segenap guru PPL yang membantu dalam memberikan sanksi sebagai salah satu bentuk punishment. Setelah kegiatan ini berjalan kemudian siswa dibubarkan dan waktunya masuk kelas untuk memperoleh pelajaran sesuai dengan jadwal hari tersebut. Terakhir….

SEMANGAT PAGI SISWA- SISWI SMAISTUKA!………. JAYA!………. JAYA……… JAYA LUARBIASA!!!

posted by: Zaenul Muttaqin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>